Makalah Fiqh "Khitbah"




           Perlu kita renungkan, mengapa Islam banyak berbicara tentang pernikahan, mulai dari syarat dan prosesi pernikahan itu sendiri. Hal ini karena Islam sendiri sebagai agama yang rasional menganggap bahwa nikah adalah fitroh (naluri ) manusia. Setiap manuia normal pasti mendambakanya. Dan Islam sebagai yang kita kenal tidak ingin merusak apalagi memperkosa gharizah (fitrah/naluri) manusia. Hanya saja hubungan antara pria dan wanita ini jika tidak diatur, tidak ubahnya bagai binatang, bahkan akibatnya lebih memprihatinkan; maka Islam mengaturnya dengan pernikahan.

            Dalam Islam ada fase yang harus di jalankan oleh seseorang yang akan menikah/melangsungkan pernikahan, fase itu adalah peminangan (khitbah). Tentu saja dalam hal ini khitbah mempunyai perbedaan yang sangat mendasar dengan istilah tunangan atau perbedaan pendapat para ulama' madzhab tentang hukum dan cara peminangan (khitbah).
  Nah disini saya akan membahas beberapa point tentang khitbah secara rinci, dan juga pandangan 4 mazhab mengenai masalah khitbah. seperti :

  1. 1.      Apa pengertian khitbah ?
    2.      Bagaimana cara khitbah?
    3.      Bagaimana para ulama' madzhab memberikan pendapatnya perihal melihat wanita demi kepentingan peminangan (khitbah) ?

            makalah ini bersumber dari beberapa referensi, dan lengkap dibanding makalah-makalah lain yang kamu cari di internet, silahkan download makalah nya  disini :  DOWNLOAD DISINI
*** Jangan lupa berkomentar tentang yang kamu baca disini, ya... !!?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »