7 Cara Bebas Virus Computer | Yuk simak !


Virus komputer hanyalah sebuah program yang sengaja maupun tidak sengaja bekerja untuk mengganggu sistem komputer anda. Kadang virus komputer tercipta dari ketidak sengajaan pembuatnya. Akhirnya menyebar dan disebutlah virus komputer.
Banyak dari para pengguna komputer dan gadget merasa sangat takut jika komputer atau gadgetnya yang lain terserang virus komputer. Sangking phobianya sampai-sampai semua gadget yang dimilikinya diinstal aplikasi antivirsu. kadang sampai lebih dari satu anti virus yang diinstall.
Malah hal ini akan membuat masalah pada gadget anda karena kadang antivirus yang dipasang lebih dari satu akan bekerja berlawanan dan saling mengganggu sehingga kinerja komputer atau laptop anda menjadi terganggu. Belum lagi jika kita tertipu dengan memasang antivirus pada gadget Android yang ternyata program itu sebenarnya bukan antivirus namun hanya program mall ware yang malah bisa mengganggu kinerja gadget dan bahkan merusak gadget yang kita miliki.
Virus Komputer bukanlah momok yang harus ditakuti seperti virus penyakit yang bisa menular melalui udara atau persentuhan tubuh. Virus komputer masuk melalu aplikasi yang kita jalankan dari komputer ataupun program-program yang kita unduh dari internet. Kadang pertukaran file dari flashdisk juga sangat dominan dalam penyebaran virus komputer ini.
Hal-hal yang perlu dilakukan jika merasa kinerja komputer atau gadget anda menurun seperti respon lambat, sering hank dan lain-lain adalah:
  • Hapus atau unintall program-program yang mencurigakan

  • Sering melakukan backup agar saat laptop bermasalah bisa segera di install ulang.

  • Sering - seringlah membersihkan memori gadged dengan menghapus file-file lama yang tidak terpakai.

  • Untuk gadget bisa dikembalikan ke pengaturan pabrik jika sudah sangat parah kinerjanya.

  • Untuk Komputer atau laptop usahakan sering melakan defragment hardisk (tersedia pada OS windows)

  • Jangan sembarangan menginstall program dari sumber yang tak terpercaya.

  • pasanglah antivirus yang terpercaya dan sudah terkenal dan pilih salah satu saja.
Demikian tips singkat agar gadget kita terhindar dari virus komputer, semoga bermanfaat.

sumber : www.kompasiana,com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »